Bagaimana Cara Bertahan di SERP Walau Jarang Update Blog?

Saya mulai meperhatikan masalah ini beberapan bulan terakhir ini, pasalnya blog ini sudah mengalami penurunan jumlah pengunjung secara drastis semenjak saya tinggal hingga berbulan-bulan lamanya. Sekembalinya saya ke duani blogger ini tak lantas blog ini berkembang secara cepat, suatu bukti nyata blog ini kembali mengalami penurunan jumlah pengunjung setelah kembali saya tinggal hanya satu minggu saja lamanya. Dari semua kejadian itu timbullah suatu pemikiran sederhana bagaimana cara bertahan di SERP walau kita jarang Update Blog?

Dari permasalah yang dialami blog ini dapat kita pahami bersama bahwa frekuensi update Blog mempunyai pengaruh terhadap SERP blog ini. Sejauh ini Google masih memperhitungkan frekuensi update suatu blog, jika kamu rajin melakukan update blog, maka bisa dipastikan SERP blog kamu akan lebih baik.

Namun yang perlu kita ingat, frekuensi update blog hanya merupakan salah-satu faktor saja, artinya masih ada beberapa faktor lain yang mempengaruhi SERP. Sebagai contoh, saya pernah mengamati secara tidak sengaja suatu blog, dalam sepengetahuan saya blog tersebut sudah sekian lama tidak melakukan update, namun justru blog tersebut masih tetap rami, saya cek alexa rank juga berkembang positif artinya SERP blog tersebut masih sangat terjaga dengan baik, kenapa hal tersebut bisa terjadi? Simak ulasan berikut.



Apa yang harus dilakukan agar blog tetap bertahan di SERP?

Saya mencoba mencari jawaban tersebut, dengan memikirkan dan kembali melihat artikel-artikel yang telah saya tulis di blog ini hingga akhirnya saya menyimpulkan bahwa yang harus kita lakukan agar blog kita tetap bertahan di SERP adalah intinya kamu harus bisa membuat pembaca atau pengunjung merasa puas dengan artikel yang kamu tulis di blog kamu, dengan begitu pengunjung akan merasa mendapatkan manfaat dari artikel yang kamu baca dan hal itu dipastikan pungunjung akan meras betah di blgo kamu.

Dan jika seandainya google menghitung waktu lamanya seorang pencari membuka suatu halaman sebagai salah satu faktor, maka blog kamu akan lebih mudah untuk bertahan di SERP karena seorang pembaca yang sudah menghabiskan waktu lama di blog kamu.

Selain itu kamu perlu membuat artikel-artikel pilar yang tentunya juga tidak keluar dari konteks blog kamu, artikel pilar yang dimaksud adalah suatu artikel yang tetap banyak dicari orang setiap harinya, caranya dengan menargetkan Kata Kunci Abadi (kata kunci yang selalu dicari orang setiap hari meskipun trend sudah berubah) dengan artikel-artikel pilar tersebut yang nantinya akan meningkatkan jumlah pengunjung blog kamu, denngan begitu blog kamu akan lebih mudah untuk bertahan di SERP.

Selain soal artikel, untuk tetap memprtahankan blog kamu di SERP yang perlu kamu perhatikan adalah Backlink. Blog kamu harus mempunyai backlink yang cukup dengan anchor text yang sesuai dengan kata kunci yang ditargetkan.

4 Comments:

  1. Wah blog ini PR 2 ya, tapi dengar-dengar katanya PR tidak akan ada lagi.

    BalasHapus
  2. wah menarik nih.

    bloggedewek.blogspot.com

    BalasHapus
  3. Memang sulit sich mempertahankan sebuah blog agar selalu bertahan di SERP dengan posisi tertentu! dan artikel diatas merupakan sebuah jawaban yang selama ini sedang saya cari2! makasih sob infonya dan salam sukses.

    BalasHapus