Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Bluescreen Pada Komputer/Laptop

Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Bluescreen Pada Komputer/Laptop. Anda yang menemukan halaman ini mungkin anda yang mengalami Bluescreen pada Kompuer/Laptop anda. Bluescreen atau BSOD adalah istilah yang dikenal luas untuk layar yang ditampilkan Sistem Operasi Windows ketika mengalami kesalahan sistem atau yang disebut Stop Error oleh Windows. Ada beberapa hal yang menyebabkan BSOD muncul, diantaranya driver suatu suatu hardware yang sudak kurang bagus lagi.





Ada beberapa pesan yang disampaikan saat Komputer/Laptop anda mengalami Bluesceen, di anntaranya:

1. MACHINE_CHECK_EXCEPTIO
Pesan error ini disebabkan  cacatnya CPU, Power Supply yang kekurangan daya atau rusak, juga ada aktifikas Overclock secara agresif

2. PEN_LIST_CORRUPT
Pesan error ini muncul disebabkan adanya kerusakan pada RAM Komputer/Laptop

3. BAD_POOL_CALLER
Munculnya pesan eroro ini disebabkan adanya kesalahan atau driver yang tidak kompatible

4. VIDEO_DRIVER_INIT_FAILURE
Ini disebabkan karena terjadi kesalahan pada instalasi driver video card yang kurang sempurna, restart pada saat instalasi atau juga dapt terjadi karena kesalahan saat instalasi driver.

5. IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL (0X000000A)
Pesan kesalahan ini di akibatkan adanya ketidak cocokan drive yang teristall di komputer.
Penyebabnya: 
Driver yang tidak cocok/bentrok
Permasalahan pada Audio Card yang meliputi kesalahan konfigurasi atau bug dalam driver sound card
Permasalahan pada Video Card, bisa terjadi akibat Video Card yang di overclock secara berlebihan, atau baru mengganti Video Card dan anda belum menginstall driver video card yang lama dari chipset berbeda

6. NTFS_FILE_SYSTEM atau FAT_FILE_SYSTEM (0X00000024) atau (0X00000023)
Pesan error ini terjadi karena terjadi kerusakan pada Partisi atau File system tetapi bukan terjadi pada Harddisknya.

7.  UNIXPECTED_KERNEL_MODE_TRAP (0X0000007F)
Pesan ini disebabkan adanya overclock hardware yang berlebihan, komponen komputer yang terlalu panas, BIOS yang korupt dan memory atau CPU yang cacat.

8. DATA_BUS_ERROR
Kemungkinan di akibatkan memory atau slot memory di matherboard rusak.

9. PAGE_FAULT_IN_NONPAGED_AREA
Ini disebabkan karena adanya kerusakan pada hardware, termasuk memory utama, memory video card, memory di prosesor (L2 Cache)

10. INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE
Pesan error ini di akibatkan adanya kesalahan pada jumper harddisk, virus boot sector, driver IDEcontroller yang salah, dan terjadi kesalahan pada chipset driver.

Ada beberapa cara untuk mengatasi masalah Bluescreen di antaranya

Cara Pertama: pastikan menu save mode anda tidak mengalami masalah/crash, gunakan menu save mode, untuk masuk pada save mode, tekan F5 pada saat booting awal dan pilih save mode, lakukan system restore pada windows anda dengan cara:
Start>>All Program>>Accessoris>>System Tool>>System Restore.

Cara Kedua: Men desable kan drive driver hardware anda yang baru dengan cara:
Tekan Tombol Windows+Puse Break secara bersamaan untuk menampilkan system properties Windows anda>>pilih tab Hardware>>Device Manager dan hilangkan/non aktifkan driver yang baru anda pasang sebelum terjadi Bluescreen.

Cara Ketiga: Jika Bluescreen di akibatkan oleh virus Trojan, gunakanlah antivirus Portable untuk melacak virus tersebut. Lakukan scan virus tersebut melalui Unremovable storage seperti DVD atau CD.

Sekian dulu share saya mengenai Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Bluescreen Pada Komputer/Laptop Semoga artikel ini menjadi solusi anda.