Cara Mudah Bikin Aplikasi Jadi Portable

Aplikasi portable memang sudah banyak bertebaran di internet, jika anda ingi berhemat tidak ada salahnya jika anda mencoba membuat sendiri aplikasi portable. Apa ke untungannya menggunakan aplikasi porteble?


1. Dengan Portable anda tinggal menjalankan suatu aplikasi dengan menjalankan file eksekusi tanpa melalui proses instalasi.
2. Aplikasi porteble bisa anda simpan dimana saja, dengan begitu aplikasi ini akan memenuhi sistem windows anda
3. Aplikasi portable juga bisa disimpan di flash disk, sehingga memungkinkan anda bebas menjalankan langsung ke semua perangkat komputer.

Jika anda berminat, berikut langkah-langkah Bikin Aplikasi Jadi Portable.

1. PC anda harus sudah terpasang aplikasi Winrarr.
2. Pasng/Install aplikasi yang akan anda jadikan portable. Anda juga dapat melakukan ini pada aplikasi yang sudah terpasang di perangkat komputer anda.
3. Jelajahi Folder. Biasanya aplikasi yang sudah terpasang akan muncul icon shortcut di dekstop. Jika icon tersebut ada di dekstop anda, klik kanan icon tersebut, pilih open file location. Disi akan tampil folder dimana aplikasi tersebut sudah terinstall. Jika icon pada dekstop tidak ada anda harus menjelajahi folder di sistem windows ( C ) anda pada bagian Program File, cari lokasi dimana aplikasi tersebut anda install.
4. Selanjutnya, blok seluruh file yang terdapat pada folder tersebut. klik kanan dan pilih "Add to archive". disinilah fungsi dari aplikasi winrarr tersebut.
5. Pada tab General berilah tanda centang pada pilihan "Create SFX archive"
6. Pindah pada tab Advanced pilih "SFX Options". Pada tab Setup, ketikkan nama file yang ingi kamu jadikan portable. contoh : Nokia Pc Suite.exe (Ketikkan pada kolom Run After Extraction)
7. Pilih Tab Modes. Beri tanda centang pada bagian "Unpack to temporaryfolder" kemudian pilih "Hide All". Klik ok, dan tunggu proses yang berjalan hingga selesai. 8. Setelah proses selesai, carilah file portable yang sudah anda buat di tempat yang sama dengan letak aplikasi yang anda install (Jika Nokia Pc Suite yang tadi dijadikan portable, maka hasil prosesnya tadi akan otomatis ada pa folder dimana aplikasi Nokia Pc Suite di install. Misal Local Disk C > Program File > Nokia Pc Suite)
9. Selesai, Semoga berhasil. jika anda merasa kurang jelas, beri komentar dengan memberikan email anda, saya akan mengirimkan tutorial yang lengkap dengan gambarnya ke email anda.!

Download Full Tutorial. PDF

20 Comments:

  1. wahh..makasih yah..atas info.a sangat membantu...

    BalasHapus
  2. bisa kirimkan tutorial lengkapnya ke e-mail saya integratedsystem_kmd@yahoo.com

    terima kasih

    BalasHapus
  3. thank bgt atas pencerahanya.... bisa kirim tutorial lengkapnya ke yu_daily@yahoo.com
    terimakasih

    BalasHapus
  4. Saya juga gan kurang jelas, tapi mantaplah

    kormanhail@ymail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk sabat yang meminta mengirimkan tutorial via email, sudah saya kirimi smuax. semoga membantu. trimakasih telah berkunjung.

      Hapus
  5. bos ku udah coba tapi pas ku tekkan "ok" pas proses lagi berjalan lalu ada messeger dari winrar trus tulisannya seperti ini "cannot create pothoshop cs4.exe access is denied


    nah mohon bantuannya ommm dan bisa gak tutorialnya kirimin keu email saya ni alamatnya : acepalan@ymail.com
    emailnya yahoo bos
    sebelumnya makasih ommm

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba pkk Winrar 4.20 sya sdah mencoba menjadikan office dan portable laen dengan winrar 4.20 hsilnya ckup memuaskan. sdah sya krimi. cek email anda..

      Hapus
  6. gan, saya kurang jelas, mohon kirimin tutorial lengkapnya ke alamat email saya
    optimusdani9@gmail.com

    Terima kasih.. :)

    BalasHapus
  7. tetep acces denit pak meski pake 4.20

    BalasHapus
  8. mas, minta tutorial lengkapnya ya..
    Irham_tx1@yahoo.co.id
    sekalian link winrar jika ada
    thank's.

    BalasHapus
  9. @ima irhamTutorial lengkapnya silahkan di Download di link di atas. Thx sob knjungannya..!

    BalasHapus
  10. Aplikasi portablenya bisa di jalankan di semua OS ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sejauh ni ane lm cba d os laen selain windows..........

      Hapus
  11. cara ini bisa g bwat aplikasi yg penginstalannya scara otomatis menulis key d registry.., masalahnya klw aplikasi djlankan dkomputer lain yg g ada registri dari aplikasi tersebut apa mau berjalan...

    BalasHapus