Lacak dan Temukan Laptop yang Dicuri

Prey adalah aplikasi yang akan membantu anda menemukan laptop yang dicuri. Prey menggunakan lisensi open source dan benar-benar gratis dalam penggunaanya. Anda hanya perlu memasang agen kecil pada PC atau Ponsel dan menunggu sinyal jarak jauh untuk menjalankan aplikasinya.






Sinyal akan dikirim melalui internet dan pesan SMS, dan akan memungkinkan pengumpulan informasi lokasi perangkat, status hardware dan jaringan, dan secara opsional juga menjalankan aksi tertentu.
Utuk mengerjakan semua itu, prey memerlukan koneksi internet, prey merupakan aplikasi multiti platfrom yang bisa berjalan  di Windows, Linux, dan MAC OS X. Jika anda berminat dengan aplikasi ini silahkan Download Prey Disini.

Untuk mengkonfigurasikannya tidak sulit, karena Prey Configuration akan memandumu.! Mari kita intip bagaimana caranya:
1. Ketika jendela Configuration muncul pertama kalinya, klik radio button "Setup Reporting Method" lalu klik tombol Next.

2. Pada "Reporting Method Setup", tentukan pengaturan metode pelaporan perangkat yang hilang. Klik Radio Button "Prey+Control Panel (recommended)" dan anda dapat memonitor perangkat melalui web pada preyproject.com. Bagi kamu yang ahli, klik "Prey Standalone (advanced)" untuk bisa melaporkan perangkat anda yang hilang melalui inbox. Klik tombol next untuk proses selanjutnya.

3. Buatlah akun prey. isikan semua informasi aku pada account setting, lalu isikan pengaturan perangkat pada Device Settings. klik Create untuk membuat akun prey.

4. Pada saat membuka akun, anda akan mendapatkan email aktivasi didalam inbox. setelah akun diaktifkan, andapun bisa menggunakan Prey dengan login ke www.preyproject.com. Tampilan antarmuka web memungkinkan mengontrol pemicu untuk menjalankanaplikasi pada perangkat dan berbagai hal lainnya. Kamu bisa mengubah tombol yang berada pada bagian Report Modules dan Action Modules.

5. Jika menjalankan Prey sebagai file standalone, kamu harus mengisikan pengaturan email agar Prey bisa mengirimkan laporan secara teratur. Masukkan URL, Mail to, SMTP Server, SMTP Username, dan SMTP Password. Klik tombol Applay.

6. Anda juga bisa mengatur sejumlah fitur aplikasi dengan memilih "Manage Prey Setting in Prey Configuration". Anda bisa menentukan sejumlah opsi, diantaranya Delay Between executions, Enable guest account, dan Wifi Autoconnect, klik tombol applay.
dengan pengaturan tersebut, saat terjadi pencurian, Prey akan melacak laptop anda, anda juga mendapatka fitur berikut:
  • Geo Location, Prey menggunakan perangkat GPS atau Hotspot WIFI untuk melacak lokasi laptop secara akurat.
  • Prey akan mengambil foto si pencuri menggunakan webcam pada laptop, sehingga anda bisa mengetahui siapa yang mencuri laptop tersebut.
  • Mengunci total, Prey benar-benar akan mengunci laptop anda, sehingga para pencuri tidak bisa melakukan apapun terhadap laptop anda.
  • Terkoneksi ke WIFI secara otomatis. Prey secara otomatis terhubung ke hotspot ketika menemukan koneksi internet.
  • Periksa semua pergerakan pencuri, Prey akan menangkap semua sesi yang aktif sehingga kamu bisa login ke email atau akun facebook sang pencuri.
  • Prey bisa menjalankan update secara otomatis tanpa perlu instalasi ulang setiap kali menjalankan update.

Semoga Bermanfaat.....!!!


Sumber : Oleh Kukuh Prakoso, Tabloid PC Plus Edisi XII