Faktor-faktor yang mempengaruhi Search Engine Optimization (SEO)

Ada banyak faktor yang mempengaruhi sebuah Search Engine Optimization (SEO) dan berikut ini merupakan langkah-langkah yang harus kamu lakukan.
  1. Buat content / buat posting yang unik, yang dimaksud disini adalah content yang beda atau content yang belum pernah ada di blog atau website lainnya, kenapa hal ini perlu, karena pengunjung akan lebih merasakan dan mendapatkan ilmu baru, dengan begitu pengunjung akan betah berada di blog kamu dan cenderung akan kembali berkunjung kembali.
  2. Selalu melakukan update content atau selalu membuat posingan, ini sangatlah penting mengingat tujuan utama pengunjung adalah mencari content yang mereka inginkan, update posting secara teratur itu sangat dianjurkan karen hal itu akan menjadi lebih hidup dari pada blog yang jarang melakukan update, selin itu hal ini juga membantu meningkatkan relevansi content atas blog dan sangat mempengaruhi ranking blog kamu.
  3. Gunakan Keyword phrase yang tepat, hal ini merupakan langkah pertama ketikan kita berhadapan dengan SEO, jangan mencoba untuk melakukan optimasi atas keseluruhan blog hanya dengan satu keyword phrase, tetapi teteap fokuskan pada peulisan content page untuk keyword dan pharse yang spesifik. Pilih pharse yang populer tetap jangan yang terlalu populer.
  4. Gunakan keyword pharse didalam title tag, title tage adalah salah satu tag terpenting didalam sebuah webpage. Dengan menuliskan keyword pharse di title tag, sebaiknya dibagian atas atau awal, adalah sangat penting untuk membuat pharse tersebut masuk ke search engine.
  5. Gunakan domain dengan keyword pharse. Menggunakan keyword pharse sebagai nama domain adalah salah satu cara terbaik untuk lebih mengoptimalkan pharse tersebut.
  6. Mintalah orang lain untuk me-link ke blog kamu. Cara ini bagus untuk mendapatkan Inbound link adalah dengan meminta orang lain untuk melink ke blog kamu, akan tetapi jangan berlebihan karena Cross linking yang berlebihan akan di anggap sebagai spam.
  7. Usahakan mendapat link dari blog atau site-site bereputasi tinggi. Blog atau website yang terkenal jika mereka mau bertukar link dengan kamu, maka ini dapat menaikkan reputasi blog kamu.
  8. Tukar link sesama jenis. Berkunjung dan bertukar link ke sama teman pengguna blogspot atau yang sama jenis dengan blog kita itu sangatlah penting, hal ini mengindikasikan kita memiliki content yang berkaitan dengan topik tertentu dan berhubungan dengan yang lain.
  9. Dapatkan link dari site-site .edu, dan .gov. Mereka merupakan top level domain dam memiliki tingkat kredibilitas yang tinggi karena domain-domain ini sulit didapatkan.
  10. Usahakan content atau posting blog kita masih dalam satu tema.
  11. Buat Sitemap atau peta situs. Search Engine sangat suka sitemape, hal ini digunakan search engine untuk menemukan link dalam blog kita.

Selain beberapa diatas yang perlu kamu lakukan, ada beberapa langkah atau tahapan yang perlu kamu hindari. berikut ini merupakan hal-hal yang perlu kamu hindari.
  1. Jangan sampai salah tulis keyword dalam content, hal ini akan sangat merepotkan untuk mengoptimasi site jika ada kesalahan dalam menulis keyword.
  2. Jangan gunakan URL parameter. Parameter di URL akan membuatnya menjdai lebih panjang dan sulit bagi setiap pengunjung untuk membacanya. dan ini sangat kacau buat search engine.
  3. Perbaiki broken link. Jangan sampai ada broken link dalam blog kita, jika hal itu terjadi maka blog kita akan terkesan tidak terurus.
  4. Hindari melakukan update dengan cara mengoreksi hal-hal kecil dari posting kita, misalkan membetulkan penulisan yang salah atau hanya sekedar menambah paragraf dll, jika hal ini kamu lakukan maka kamu dianggap mengelabui mereka (search engine).
  5. Jangan melanggar Copyright dan termasuk copy paste artikel orang lain maupun jenis pelanggaran lainnya.
Sebenarnya masih banyak hal-hal yang perlu kamu lakukan dan hal-hal yang perlu kamu hindari untuk terus meningkatkan kualitas blog kamu, diatas mungkin hanya sekedar saja dan semoga bermanfaat bagi kita semua.