Apa Penyebab Alexa Rank Turun?

Apa Penyebab Alexa Rank Turun? Akhir-akhir ini saya dikhawatirkan dengan turunnya Alexa Rank Blog ini atau semakin membengkaknya angka pada Alexa Rank, berbeda dengan Google Page Rank, pada Google Page Rank, semakin tinggi angka yang diperoleh maka semakin baik blog tersebut, di Alexa semakin kecil angka yang diperoleh, maka semakin baik blog tersebut.

Semakin hari Alexa Rank Blog ini semakin membengkak, awalanya Alexa Rank ini sudah berada di Posisi 207,930 untuk Global Rank dan untuk indonesia kisaran 5, 430 namun saat artikel ini saya buat Alexa Rank blog ini sudah jauh lebih membengkak (lihat gambar di atas). Padahal saya sudah melakukan Claim Your Site di Alexa dan juga sudah menggunakan Alexa Toolbar di Browser saya.

Beberapa hari ini saya mencoba untuk mengamati betul apa penyebab menurunnya Alexa Rank Blog ini sebagai seorang Blogger pemula, tentu pengamatan saya hanya sebatas dasar dan kesimpulan pribadi saya menyenai penyebab menurunnya Alexa Rank blog ini. Dan mungkin dari kesimpulan saya mengandung unsur salah, saya harap pembaca dapat memakluminya karena seperti yang saya katakan, saya hanyalah seorang blogger pemula, yang mencari solusi tentunya hanya dengan sebatas pengetahuan saya yang sangat terbatas ini.

Adapun hasil pengamatan saya, berikut saya uraikan apa yang menjadi penyebab terjadinya penurunan Alexa Rank pada Blog ini.

1. Jarang Update Blog
Akhir-ahkir ini saya memang jarang update blog, ini merupakan indikasi pertama dan merupakan penyebab dari menurunnya Rank Alexa di blog ini. Dari ulasan beberapan teman blogger, hal ini memang berpengaruh terhadap Rank Alexa.

2. Copas Artikel
Google juga melarang tindakan ini, dan begitu juga Alexa, tindakan ini memang sangat merugikan baik dirikita maupun orang lain. Jangan asal Copas jika terpaksa sertakan Link Hidup sebagai sumber.

3. Membuat Posting Popular
Posting Popular yang saya maksud ialah membuat suatu postingan yang memang saat ini lagi trand dengan mengharapkan mendapatkan pegunjung banyak dan cepat. Jika hal ini terus menerus dilakukan akibatnya Alexa Rank akan cenderung turun. Bijaknya, selingi postingan blog kamu dengan pembahasan lainnya jangan hanya memposting sesuatu yang memang lagi trand saat ini.

4. Posting Hanya Satu Artikel
Menurut pengamatan saya, membuat posting hanya satu artikel dalam satu hari ternyata itu tidak cukup berpengaruh untuk meningkatkan Alexa Rank, namun jika kamu tidak dapat melakukannya minimal berkunjunglah ke blog tetangga dan tinggalkan komentar yang relevan disana, kurang lebih 5 Blog, ada juga yang mengatakan cukup sekali saja.

5. Gonta-ganti Template
Banyak hal yang merugikan buat blog kita jika hal ini dilakukan, saya sudah mengalami hal itu, September 2012 saya mulai membangun blog ini dan berkali-kali juga saya mengganti Template Blog ini, bukan hanya pada Alexa saja, tapi juga berakibat pada hilangnya Google Site Link blog ini yang akhirnya berbuntut pada SERP, banyak artikel blog ini yang sudah terlepar, entah di halamn berapa di Google Search, jika itu yang terjadi sudah dapat dipastikan Traffic Blog kamu akan menurun drastis, dan jika Traffic blog kamu terus-menerus menurun, Alexa Rank sudah pasti membengkak.

6. Free Link Hidup di Postinga
Sudah beberapa artikel saya tidak memuat Link Hidup di postingan saya, dan ini ternyata juga berdampak pada Alexa Rank. Gunakan Link hidup untuk menuju ke artikel kamu yang lain atau menuju ke situs/blog lain di Postingan kamu.

Itulah hasil dari pengamatan saya, dan tentunya dengan pengetahuan yang saya miliki, jika mungkin terdapat kekeliruan, jangan lupa untuk mengingatkan saya melalui komentar. Semoga ini mejadi solusi untuk semuanya.!

16 Comments:

  1. mantap mas postingannya..pingin jg alexa langsing kyk blog ini, kata master kalau ingin alexa turun setiap hari cukup satu postingan dan berkomentar di blog tetangga, saya sendiri posting 3 hr sekali, tp kalau jawab komentar tiap hari, salam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thax gan udh meluangkan waktu tuk berkunjung, Salam kenal jg gan.!

      Hapus
  2. kenapa blog aq tidak ada nilai alexanya ?
    DI bantu cek ya http://vimax-besarpenis.blogspot.com

    BalasHapus
  3. Wah keren nih bhasannya lengkap banget

    BalasHapus
  4. waaahhh terima kasih informasinya mas, namun jika sebuah web pindah server apa pengaruh juga ya dengan rangking alexanya??

    BalasHapus
  5. Mas... tau solusinya gak
    Blog saya Itu Global rank nya terus mengurus...
    dan Rank in Indonesia gimana yaa masss... biar sama-sama kurusss ???? makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terus update blog, minimal 1x sehari setiap hari, berkomentar di blog tetangga, usahakan cari yg sejenis dan rankx lebih tinggi dari blog kamu. Lc bisa buat artikel original setiap km update blog !

      Hapus
  6. Pantesan aja alexa blogku menurun drastis.... gonta ganti tempalate ternya penyebabnya.... maksih info nya gan ... nise info http://herbsmedicinex.blogspot.com/

    BalasHapus
  7. makasih mas infonya, kebetulan sy mengalami hal ini, dalam satu bulan alexa web www.ilalangoutbound.com alexa nya terjun bebas.

    BalasHapus
  8. makasih banyaki buat infonya gan,, sangat membatu sekali..

    BalasHapus
  9. tq gan.. sudah mau share.. kalau untuk web berbasis toko online apa sama cara di atas bisa menurunkan alexa rank juga

    BalasHapus