Langkah Awal Membangun Sebuah Blog

Langkah Awal Membangun Sebuah Blog - Apa yang akan saya saat kamu mempunyai sebuah blog atau baru saja membuat sebuah blog.? pertanyaan itu sempat terlontar di fikiran saya saat saya mulai merintis blog ini hingga seperti saat ini, tak punya bekal apapun, tak mengerti HTML, tak paham SEO bahkan saat pertama kali saya membuat blog ini saya masih belum tahu apa itu Blogger? apa fungsi Blogger? dan untuk apa Blogger itu? membuat blog berawal dari ketidak sengajaan saya pada waktu membuat Akun Gmail, secara tidak senga saya mengikuti arah Google untuk masuk ke Blogger, pada saat itu saya beru pertama tahu tentang Blogger, baru pertama kali kenal dengan Blogger. berbekal Bonek saya perlahan-lahan membangun blog ini dengan search di Google mencoba memahami hingga seperti saat ini. Saya sangat berterimakasih pada kawan-kawan blogger yang telah mempost artikel-artikel tentang berbagai cara membangun sebuah blog, dari optimasi Blog, SEO, tentang HTML, Penyedia Template dll yang semuanya saya membantu saya.


Seperti yang saya kata, saya bukanlah ahli SEO dan tak paham HTML, namun saya ingin mencoba share bagaimana pengalaman saya membangun blog ini hingga seperti sekarang ini. Jika terdapat kekeliruan mohon koreksinya karena memang saya buka seorang ahli, namun yang saya share ini merupakan pengalaman yang saya lakukan saat membangun blog ini, dengan tertatih-tatih, jatuh-bangun, namun dengan semangat ingin tahu saya terus maju. Satu tahun sudah saya membangun blog ini, hingga saat ini adanya.
Jadi apa yang harus kamu lakukan untuk membangun sebuah blog yang sudah kamu buat, menurut pengalaman saya dan ini yang saya lakukan :

1. Buat judul yang unik
Judul yang unik terkadang membuat pengunjung kita akan selalu mengingat blog kita, jadi buatlah judul se-unik mungkin dan usahakan judul tersebut masih belum di gunakan oleh Blogger lain.

2. Tujuan membuat blog
Tentukan apa tujuan kamu membuat blog. kira-kira apa yang ingin kamu tulis di blog kamu. Tentang Resep Makana, Gadged, Tentang Blogger, Tentang Computer, Windows, Offcie dll. tentukan itu.!

3. Tentukan Tema
Tentukan tema yang ingin kamu gunakan di blog kamu, Usahakan cari Template yang SEO, Responsive, pilih warna yang sesuai dalam arti pilihan warna yang tidak mencolok atau apapun yang sekiranya membuat orang lain tidak betah melihat tampilan blog kamu. Kenapa harus SEO? SEO paling tidak nantinya akan yang akan menjaga posisi artikel kamu, begitulah yang saya pahami. Kenapa hatus Responsive? Responsive akan mengurangi daya pentalan yang tinggi, hal itu juga meruakan upaya Optimasi SEO blog kamu.

4. Tentukan Keyword (kata kunci)
Kata kunci termasuk hal wajib yang harus kamu lakukan untuk membangun blog kamu gunakan Google Keyword Tool untuk menentukan Kata kunci apa yang sedang popular yang saat ini banya di cari di seacrh engine Google.

5. Daftarkan di Google Webmaster tool
Ini merupakan cara agar blog kamu cepat ter index, di webmaster tool kamu dapat membertahu google bahwa kamu membuat sebuah blog baru, atau sedang membangun sebuah blog baru. Kunjungi Webmaster Tool

6. Gunakan PING setelah kamu update blog
Ping merupakan hal yang perlu kamu lakukan saat kamu selesai update blog kamu, yang perlu di ketahui, gunakanlah satu layanan Ping saja, dilarang menggunakan lebih dari satu, jika hal itu kamu lakukan, Google akanm mengaggap blog kamu sebagai Spam. Jika saya boleh menyarankan, gunakan layanan Ping milik Google saya, untuk cara ping di google ping Lihat disni

7. Buatlah isi blog kamu mudah di jangkau oleh pengunjung
Lalulintas pengunjung juga sangat berpengaruh pada perkembangan blog kamu, buatlah pengunjung merasa mudah untuk mengkases semua isi blog kamu, hal itu akan mengurangi pentalan pengunjung yang juga sangat berpengarus terhadap SEO, hal ini bisa kamu lakukan dengan menambahkan Site Map (peta situs) / Daftar Isi, Related Posts dll.

8. Share artikel
Bagikan artikel/conten blog kamu ke beberapa jejaring sosial, tujuannya iala mendulang pengunjung blog lebih banyak lagi, kamu dapat men-share artikel kamu ke Facebook, Twitter dll, atau submit artikel kamu ke media sosial bookmarking seperti Lintas me. Dewa Seo. Lintas berita dll. cara ini dapat kamu lakukan dengan manambahkan Widget Share this dll.

Hal-hal lain

1. Gunakan Alexa Toolbar, untuk mempercepat menurunkan peringkat alexa rank
2. Poting blog secara langsung, artinya tidak menggunakan aplikasi lain seperti Windows live writter dll
3. Tukar Link
5. Berkomentar di blog lain. usahakan berkomentar dengan blog sejenis.
6. Posting artikel secara teratur dan disiplin, jika kamu membuat posting artikel hanya 1 dalam sehari dan di waktu misal jam 8. malam, lakukan yang sama untuk ke esokan harinya dan seterusnya.

Mungkin hanya itu yang dapat saya share, jika terdapat kekurang berilah tanggapan kamu dengan berkomentar, semoga pengalaman saya bermanfaat dan membantu sahabat-sahabat blogger semua.

0 Comments:

Posting Komentar