Cegah Hacker dan Software Jahat Dengan Mengatur Firewall

Firewall dapat melindungi laptop anda dari serangan hacker ataupun software jahat yang berusaha mengakses laptop melalui jaringan atau internet. Firewall juga bisa menghambat komputer yang telah terinfeksi software jahat agar tidak merusak software jahat itu ke komputer lain. Dengan begitu anda sudah turut mencegah tidak hanya pada komputer anda sendiri, melaikan juga kepad komputer lain. terkait dengan Windows firewall, anda dapat mengkostumisasikan empat cara pengaturannya.













Berikut Empat cara pengaturan windows firewall.
1. Pergi ke control panel. Pada kotak search, ketik "firewall", lalu klik Windows Firewall
2. Pada Panel sebelah kiri , klik turn Windows Firewall on or off. Jika diminta mengisikan password administrator atau konfirmasi, ketikkan password atau konfirmasi tersebut. Allowed Programs.
3. Pada panel sebelah kiri, klil allow a program or feture through windows firewall.
4. Klik Change setting. isikan password administrator atau konfirmasi ketika diminta.
5. Beri tanda centang pada software yang ingin kamu ijinkan berkomunikasi via firewall, dan pilih network locations yang akan kamu ijinkan, lalu klik Ok.  

Pengaturan 1
Turn on Windows Firewall. Firewall akan memblokir sebagian besar software sehingga tidak bisa berkomunikasi. Jika ingin mengijinkan software untuk berkomunikasi melalui firewall, tanbahkan namanya dalam daftar Allowed Programs.
Pengaturan 2
Block All incoming connections, including those in the list of allowed programs.
Pengaturan ini akan memblokir semua koneksi yang ingin terhubung ke laptop. Pilih pengaturan ini ketika anda membutuhkan perlindungan maksimal, Misalnya saat anda berada di public network milik hotel atau airport. Dengan pengaturan ini, anda tidak dapat notifikasi ketika Windows Firewall memblokir program atau aplikasi.
Ketika memblokir semua koneksi yang masuk, anda tetap bisa melihat website dan mengirim email maupun menerima.  
Pengaturan 3
Notify me when Windows Firewall block a new program.
Windows Firewall akan memberikan informasi ketika anda memblokir program baru dan memberi opsi pilihan untuk tidak memblokirnya.  
Pengaturan 4
Turn off Windows Firewall. Hindari pengaturan ini, kecuali anda punya firewall lain yang berjalan di loptop anda. Mematikan Windows Firewall akan memudahkan atau komputer atau jaringan anda dirusak oleh hacker dan software jahat.

Sekian, Semoga bermanfaat.....  




Sumber : Oleh Kukuh Prakoso, Tabloid PC Plus Edisi XII