Prosedur Pengajuan NUPTK Baru

Berikut kami sampaikan Prosedur Pengajuan NUPTK Baru bagi PTK PNS dan Non PNS yang masih belum mempunyai NUPTK. Dasar kami adalah Surat Kepala BPSDMP-PMP No: 14265/J/LL/2013 Tanggal 24 Juni 2013 Perihal Penerbitan NUPTK baru (download surat). 

Bagi PTK yang telah memenuhi syarat untuk mengajukan NUPTK baru wajib melakukan printout S06a. Silahkan anda cek di Padamu Negeri dengan mengakses "Login PTK" masih-masing, dan klik "Padamu PTK", kemudian klik "NUPTK Baru" dan cetak S06a.

Setalah anda mencetak S06a, silahkan anda lengkapi berkas persyaratan lainnya berdasarkan Surat Kepala BPSDMP-PMP dan persyaratan lain yang ditentukan oleh Admin Dinas/Kota anda. Semua berkas anda ajukan ke Admin Dinas/Kota setempat untuk dilakukan prose pengajuan NUPTK dengan Alur sebagai berikut:

1. PTK yang memenuhi syarat kualifikasi, dapat mengajukan NUPTK baru melalui layanan PADAMU PTK selanjutnya pilih NUPTK Baru dan Ajukan NUPTK.


2. PTK mencetak S06a (surat pengajuan NUPTK baru).

3. Kemudian Admin Dinas melakukan persetujuan pengajuan NUPTK baru. dan melakukan Cek Data PTK.

4. Admin Dinas memeriksa kelengkapan berkas pengajuan NUPTK yang dibawa oleh PTK.

5. Admin Dinas mencetak S09 (surat tanda bukti persetujuan pengajuan NUPTK) yang diserahkan kepada PTK yang bersangkutan, dan mencetak S10a (surat pengantar ajuan NUPTK baru) yang oleh Admin Dinas di serahkan pada LPMP Propinsi.

6. Kemudian Admin LPMP Propinsi memproses S10a hingga terakhir terbit S11 (surat tanda bukti persetujuan penerbitan NUPTK).


Di atas merupakan contoh S11 (surat tanda bukti persetujuan penerbitan NUPTK/sertifikat penerbitan NUPTK). Jika S11 sudah ada di tangan anda, maka selamat NUPTK anda sudah terbit. Silahkan untuk melakukan kroscek di Padamu Negeri.