Cara Upgrade, Flashing dan Install Ulang OS Blackberry

Kemaren Blackberry saya mengalami Error 200 yang diakibatkan ada aplikasi yang terinstall yang tidak kompatible dan tidak bisa berjalan pada Blackberry saya. Blackberry yang saya gunakan adalah Blackberry Curve Davis 9220 yang seharus bisa melakukan Safe Mode, upaya itu ternyata tidak bisa dilakukan. Safe Mode tidak bisa dilakukan di Blackberry saya, saya mengupayakan Safe Mode dengan tujuan untuk menghapus aplikasi yang gagal berjalan yang mengakibatkan Balckberry saya mengalami Error 200. Pilihan terakhir untuk bisa memulihkan Blakcberry saya yaitu dengan cara Install Ulang OS Blackberry. Untungnya saya sudah mempersiapkan hal-hal yang diperlukan untuk install ulang OS Blackberry jauh-jauh hari. Ada beberapa bahan yang perlu kamu miliki sebelum melakukan install ulang OS Blackberry, diantaranya:

1. Blackberry Desktop Software. Download Disni
2. BBSAK Download Disini
3. Firmware/OS Blackberry. Pilih OS yang sesuai dengan tipe Blackberry kamu. Download Disini

Untuk Firmware/OS Blackberry yang kamu download, merupakan yang original dan kamu tidak perlu khawatir OS ini untuk semua operator apapun, karena natinya kita akan menghaus file Vendor nya. Berikut Tutorialnya:
  1. Install dulu Blackberry Desktop Software, BBSAK dan Firmware/OS Blackberry di komputer kamu.
  2. Hubungkab Blackberry ke komputer menggunakan kabel data Blackberry atau yang lainnya yang penting bisa connect.
  3. Buka aplikasi Blackberry Destop Software tunggu hingga Blackberry kamu terdeteksi di Blackberry Destop Software. Lakukan Backup dengan cara: Klik Bakc up atau klik Device>Back up. Tunggu proses backup berjalan hingga selesai.
  4. Buka aplikasi BBSAK (gadged tetap terhubung ke komputer) tunggu hingga Blackberry kamu dikenal hingga muncul PIN Blackberry kamu di aplikasi BBSAK.  Jika sudah dikenali, lakukan Backup untuk mem Backup aplikasi 3rd party di Blackberry kamu, dengan cara: Klik tab menu Backup/Restore dan klik Backup berilah nama terserah yang mudah di kenali saya untuk nanti mempermudah me Restore kembali. Jika kotak nama sudah kamu isikan, klik OK untuk melanjutkan dan tunggu hingga proses backup selesai.
  5. Jika proses Backup selesai, masing menggunakan BBSAK, selanjutnya kita Wipe Blackberry kamu dengan cara klik Wipe Device dan klik OK. Tunggu proses Wipe berjalan hingga selesai. Kalau proses ini sudah selesai maka Blackberry kamu akan restart sendiri dan akan muncul peringatan Error 507 di layar Blackberry kamu. Error 507 artinya tidak ada firmware/os yang terinstall di Blackberry kamu.
  6. Sekedar mengingatkan, pada tahap nomor 1 saya sudah menyuruh kamu untuk Install Firmware/OS Blackberry di Komputer kamu, sekarang kita xplore filenya dan kita pergi ke derktori C:Program File/Common Files/Research in Motion/AppLoader dan cari file Vendor bisanya berada di paling bawah sendiri. Hapus file Vednor nya.
  7. Masih di derektori yang sama. Scroll lagi ke atas dan klik Loader maka akan muncul jendela baru. pada jendela Walcome to the Aplication Loader Wizars klik Next.
  8. Setelah langkah nomor 7, maka berada pada menu Communication Port Selection berilah tanda centang pada Detect communication port dan klik Next. dan tungggu proses Retrieving Device Configuration selesai. 
  9. Jika proses Retrieving Device Configuration selesai maka kamu masuk ke tahap Device Aplication Selection  disna kamu diminta untuk memilih bahasa yang akan kamu gunakan. Nerilah tanda centang pada English UK atau bahasa yang lainnya, selanjutnya klik Next.
  10. Selanjutnya kamu akan diminta konfirmasi di menu Completing the aplication loder wizard klik saja Finish.
  11. Tunggu proses selesai, hingga nantinya Blackberry kamu akan restart sendiri. Saat Blackberry kamu menyala kembali maka kamu telah berhasil melakukan install ulang sendiri OS Blackberry kamu.
PERINGATAN: Jika dalam penerapan tutorial ini dan mendapatkan hasil yang berbeda, maka saya tidak bertanggung jawab terhadap hasil yang kamu peroleh. Segala kerusakan, kegagalan dll semuanya diluar tanggung jawab saya.
Jika kamu merasa kurang jelas, silahkan  LINK INI untuk mendownload tutorial ini lengkap dengan gambarnya. Semoga berhasil dan semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua. Jika ada pertanyaan seputar artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu.

41 Comments:

  1. loh gimana sich koq gc mw tanggung jawab ,
    sekarang hp saya malah nyala led hijau+biru
    dasar bisanya hanya bohong belaka

    #@ ORANG SINTING

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon untuk anda cermati sebelum anda melakukannya. pahami setiap langkahnya. konten ini sudah melalui uji sebelum kami posting. jika anda tidak bisa melakukannya kami bisa membantu. hati-hati dalam perkataan anda.

      Hapus
    2. Terimakasih atas kunjungan anda

      Hapus
  2. wah gimana nii,makin parah bb gua

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pastikan firware/OS yg anda download sesuai dengan type HP.
      Pastikan lankah-lankahnya sesuai. Toturial di atas sudah kami tes dan berhasil kami terapkan.

      Hapus
    2. gan klau bb davis ane cuman nyala LED pas di cargher
      nya aja gimana

      Hapus
  3. Oke sip makasih gan infonya bb temen ane bootloop mau coba flash ulang
    oiya main-main kesini yah gan mabesdenny.blogspot.com
    Thanks ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Segera meluncur gan.! semoga sukses flash nya !

      Hapus
    2. sip-sip sukses dah flashnya makasih ya gan

      Hapus
  4. gue punya ada yang lain gan, di petunjuk no 9 (Device Aplication Selection) tidak ada pilihan bahasa apapun. cuma ada 4 aplikasi bla bla bla gitu. ngga bisa dipilih, ngga bisa next juga, cuma ada pilihan cancel saja. tolong bantuin, gan

    BalasHapus
  5. kayaknya bermanfaat ni mas bro...kunjungan balik yah

    BalasHapus
  6. tolong klarifikasinya langkah2 diatas gabisa buat flasihing, kasian orang yang gak tau, itu cuma bisa buat install ulang os sama upgrade, flashing gagitu caranya, mohon diklarifikasi lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang kami maksud adalah Firmware nya.. jika d artikan secara sederhana, flassing firmware adalah upaya melakukan update atau downgrade firmware itu sendiri ! Cara di atas sangat memungkinkan untuk melakukan hal itu.!

      Hapus
  7. misi gan..
    gw punya kendala waktu instal os nya gan..
    mohon bantuannya gan..
    thanks..

    BalasHapus
  8. terimakasih banyak sob, sangat membantu sekali tutorialnya

    BalasHapus
  9. misi gan, gimana ni BlackBerry Desktop Software gak bsa d instal di notebook gue gan, tipe filenya DMG gan.
    mohon bantuan gan

    BalasHapus
  10. Terimah Kasih

    Tutornya Berhasil dan BB saya Sehat Kembali

    BalasHapus
  11. tapi ini apk bbm nya jadi ilang

    BalasHapus
  12. ini buat bbq10 bisa gan..? muncul www.bberror.com/bbq-10-20020

    BalasHapus
  13. gimana ini gan ada solusi gak error 507 terus nie

    BalasHapus
  14. thx artikelnya om,,AMAT SANGAT MEMBANTU,,BB sya kembali normal,,,tutornya work,,,,

    BalasHapus
  15. Makasih tutornya. Akan saya coba . semoga berhasil

    BalasHapus
  16. sangat membantu...makasih gan bb gue kembali...

    BalasHapus
  17. gan ane stuck di pass di communication port selection ndak ada pilihan malah error xml. udah gw hapus tuh vendor masih ttp aja kek gtu

    BalasHapus
  18. Gan mu tanya pas udah d close kan hp nya kan lngsung restart sendiri nah usb nya langsung d lepas aja atau biarkan dulu sampai hp benar benar myala

    BalasHapus
  19. BBSAK itu fungsinya apa gan ?

    BalasHapus
  20. ane berhasil walau caranya beda

    BalasHapus
  21. Gan klo hpnya matot tapi pas di cas lednya kedip 4x itu gimana ya,??, mohon bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Izin komen gan.
      Ane pake BB 9790 & kebetulan tempo hari sempet begitu 2x pas ane lagi bangun tidur. Itu kode gagal load OS gan kalo ane ga salah baca. Padahal sebelum tidur batere 90%an. Ane cabut batere, SDcard & SIM card 1 jam'an, terus charge BB tanpa batere beberapa detik, pasang kartu-kartu tadi, terus pasang batere. Sempet ngulang loading 3x (loading 5%an) tapi akhirnya nyala. Sekarang ane upgrade OS aja pake cara agan faridelly, mudah-mudahan ga kejadian lagi. Thanks :)

      Hapus
  22. Nanya gan ..
    Cara Diatas Work ga Kalo Misal Komputer ga connect internet?
    tapi semua data udah di pindah ke flashdisk..
    soalnya gua ambil nya lewat warnet gan.

    BalasHapus
  23. Mantap. Instruksi clear dan BB ane lancar lagi. Semoga bisa terus kasi info dan tutorial bermanfaat. Thanks :)

    BalasHapus
  24. Gan ane baru mau nyoba untuk flashing dan Reseting hand phone jadul ane Onix 2...ane salut ama agan sudah baik hati keluarin tutorial yang bermanfaat...semoga kebaikan agan di balas mendapat ganjaran yang baik pula dari yang Maha Kuasa

    BalasHapus
  25. dibagian port komunikasi gk ada pilihannya dah gk bisa klik deteksi otomtis gmna tuh

    BalasHapus
  26. nge flash nya di warnet, boleh ga gan ?
    virus di warnet bisa ketelan di hp ga ?
    btw thanks gan...

    BalasHapus
  27. Mksh gan infoy, hp q jdi seger lgi

    BalasHapus
  28. gan mau tanya, saya punya bb onix 3 dan minggu2 ini sering restart sendiri begitu terus, tapi kalo di charger hpnya nda bakalan restar, sedangakn kalo di lepas chargernya 1-2 menit akan restar sendiri.. mohon bantuannya

    BalasHapus