Cara Upgrade, Flashing dan Install Ulang OS Blackberry

Kemaren Blackberry saya mengalami Error 200 yang diakibatkan ada aplikasi yang terinstall yang tidak kompatible dan tidak bisa berjalan pada Blackberry saya. Blackberry yang saya gunakan adalah Blackberry Curve Davis 9220 yang seharus bisa melakukan Safe Mode, upaya itu ternyata tidak bisa dilakukan. Safe Mode tidak bisa dilakukan di Blackberry saya, saya mengupayakan Safe Mode dengan tujuan untuk menghapus aplikasi yang gagal berjalan yang mengakibatkan Balckberry saya mengalami Error 200. Pilihan terakhir untuk bisa memulihkan Blakcberry saya yaitu dengan cara Install Ulang OS Blackberry. Untungnya saya sudah mempersiapkan hal-hal yang diperlukan untuk install ulang OS Blackberry jauh-jauh hari. Ada beberapa bahan yang perlu kamu miliki sebelum melakukan install ulang OS Blackberry, diantaranya:

1. Blackberry Desktop Software. Download Disni
2. BBSAK Download Disini
3. Firmware/OS Blackberry. Pilih OS yang sesuai dengan tipe Blackberry kamu. Download Disini

Untuk Firmware/OS Blackberry yang kamu download, merupakan yang original dan kamu tidak perlu khawatir OS ini untuk semua operator apapun, karena natinya kita akan menghaus file Vendor nya. Berikut Tutorialnya:
  1. Install dulu Blackberry Desktop Software, BBSAK dan Firmware/OS Blackberry di komputer kamu.
  2. Hubungkab Blackberry ke komputer menggunakan kabel data Blackberry atau yang lainnya yang penting bisa connect.
  3. Buka aplikasi Blackberry Destop Software tunggu hingga Blackberry kamu terdeteksi di Blackberry Destop Software. Lakukan Backup dengan cara: Klik Bakc up atau klik Device>Back up. Tunggu proses backup berjalan hingga selesai.
  4. Buka aplikasi BBSAK (gadged tetap terhubung ke komputer) tunggu hingga Blackberry kamu dikenal hingga muncul PIN Blackberry kamu di aplikasi BBSAK.  Jika sudah dikenali, lakukan Backup untuk mem Backup aplikasi 3rd party di Blackberry kamu, dengan cara: Klik tab menu Backup/Restore dan klik Backup berilah nama terserah yang mudah di kenali saya untuk nanti mempermudah me Restore kembali. Jika kotak nama sudah kamu isikan, klik OK untuk melanjutkan dan tunggu hingga proses backup selesai.
  5. Jika proses Backup selesai, masing menggunakan BBSAK, selanjutnya kita Wipe Blackberry kamu dengan cara klik Wipe Device dan klik OK. Tunggu proses Wipe berjalan hingga selesai. Kalau proses ini sudah selesai maka Blackberry kamu akan restart sendiri dan akan muncul peringatan Error 507 di layar Blackberry kamu. Error 507 artinya tidak ada firmware/os yang terinstall di Blackberry kamu.
  6. Sekedar mengingatkan, pada tahap nomor 1 saya sudah menyuruh kamu untuk Install Firmware/OS Blackberry di Komputer kamu, sekarang kita xplore filenya dan kita pergi ke derktori C:Program File/Common Files/Research in Motion/AppLoader dan cari file Vendor bisanya berada di paling bawah sendiri. Hapus file Vednor nya.
  7. Masih di derektori yang sama. Scroll lagi ke atas dan klik Loader maka akan muncul jendela baru. pada jendela Walcome to the Aplication Loader Wizars klik Next.
  8. Setelah langkah nomor 7, maka berada pada menu Communication Port Selection berilah tanda centang pada Detect communication port dan klik Next. dan tungggu proses Retrieving Device Configuration selesai. 
  9. Jika proses Retrieving Device Configuration selesai maka kamu masuk ke tahap Device Aplication Selection  disna kamu diminta untuk memilih bahasa yang akan kamu gunakan. Nerilah tanda centang pada English UK atau bahasa yang lainnya, selanjutnya klik Next.
  10. Selanjutnya kamu akan diminta konfirmasi di menu Completing the aplication loder wizard klik saja Finish.
  11. Tunggu proses selesai, hingga nantinya Blackberry kamu akan restart sendiri. Saat Blackberry kamu menyala kembali maka kamu telah berhasil melakukan install ulang sendiri OS Blackberry kamu.
PERINGATAN: Jika dalam penerapan tutorial ini dan mendapatkan hasil yang berbeda, maka saya tidak bertanggung jawab terhadap hasil yang kamu peroleh. Segala kerusakan, kegagalan dll semuanya diluar tanggung jawab saya.
Jika kamu merasa kurang jelas, silahkan  LINK INI untuk mendownload tutorial ini lengkap dengan gambarnya. Semoga berhasil dan semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua. Jika ada pertanyaan seputar artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu.