Cara Merekam Screen Ponsel Android Seperti di KitKat

Android KitKat merupakan veri teranyar dari Android, KitKat memiliki tampilan yang jauh berbeda dengan versi Android sebelumnya, dibanding dengan Android Ice Cream Sandwich yang merupakan kerabat terdekat KitKat juga masih memberikan kesan perbedaan yang cukup jauh.

Cara Merekap Screen Ponsel Android seperti di kitkat

Jika kerabat terdekatnya Ice Cream Sandwich dibekali dengan kemampuan Screenshot, KitKat hadir dengan kemampuan Screen Recording.

Kemampuan Screen Recording di Android KitKat bisa dilihat di Nexus 5 yang merupakan Smartphone pertama yang menggunakan KitKat ini, jika kamu ingin menginginkan fitur serupa di ponsel android kamu yang masih belum menjalankan KitKat, berikut caranya.

Pertama, pastikan SDK Tools telah ada dalam versi terbaru. Jika tidak ponsel kamu tidak akan bisa menjalankan Screen Recording.

Hubungkan Andorid kamu ke computer, lalu buka Commend Line. Proses Screen Recording ini menggunakan instruksi adb sederhana yang akan tersimpan di Ponsel Android kamu.

Code:

adb shell screenrecord /sdcard/yourfilename.mp4

Kamu bisa menamainya dengan sembarang nama dan menyimpannya di sembarang derktori di ponsel Android kamu. Dalam Contoh, file akan tersimpan di sdcard , jika telah selesai, silahkan copy file video ke computer.

Dalam code di atas, perlu diketahui bahwa secara default kemampuan rekam adalah 4Mbps. Dengan speed tersebut bisa jadi tidak cukup cepat buat kamu. Dengan demikian kamu perlu menambahnya, dalam hal ini digandakan sehingga yang bisa dipakai adalah.

Code:

adb shell screenrecord—bit-rate 8000000 /sdcard/yourfilename.mp4

Untuk menghentikan proses Screen Recording, cukup tekan CTRL-C.

gopego_screen_recording_android_01

Fitur ini pastinya sangat bermanfaat bagi kita para blogger untuk membuat video tutorial. Selamat Mencoba ..!!

Source